Senin, 15 Agustus 2011

Jaringan Akses

Sejarah Perkembangan dan pegertian Jaringan Akses
Jaringan akses merupakan kelanjutan dari jaringan komputer, kedua jaringan ini saling berhubungan erat dan saling mendukung agar suatu jaringan dapat berfungsi secara optimal. Jaringan akses menyediakan UNI (user-network interface) ke terminal pelanggan, sementara jaringan inti menyediakan layanan telekomunikasi dan transportasi antar jaringan akses. Jaringan akses terhubung ke setiap layanan dalam jaringan inti melalui SNI (service node interface).
Awal mula jaringan akses terbentuk, pada tahun 1950-an di Amerika melakukan penelitian bagaimana sebuah perangkat komputer dapat bekerja secara bersamaan. Dan pada tahun pada tahun itu pula jenis komputer mulai membesar dan terciptalah super komputer.Dan inilah awal mula konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
Kemudian menginjak tahun 1960-an departerman pertahanan Amerika membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai ‘cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik’ dan riset ini kemudian dinamakan sebagai riset ARPANET ( Advance Research projects Agency Network ). Dan dari riset yang membutuhkan waktu yang lama inilah, kemudian pada tahun 1970-an berhasil menghubungkan 10 komputer dan satu komputer dengan komputer lain dapat berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Semakin lama semakin bertambah orang yang memiliki komputer dan membentuk sebuah jaringan komputer. Oleh karena itu, dibutuhkan  sebuah aturan atau protocol resmi yang dapat diterima dan diakui oleh seluruh jaringan. Pada tahun 1980-an maka dibentuklah sebuah komisi yang mengurusi protocol tersebut. Dan komisi ini bernama TCP ( Transmission Control Protocol ) atau lebih dikenal dengan sebutan IP ( Internet Protocol ). Kemudian di eropa juga muncul jaringan lain yang dikenal dengan Europa Network (EUNET). Jaringan ini menyediakan jasa email dan newsgroup USENET.
Karena banyaknya alamat jaringan komputer,agar semua jaringan bisa saling berkomunikasi. Maka perlu melakukan penyeragaman alamat jaringan komputer. Pada tahun 1984 diperkenalkanlah DNS ( Domain Name Server ). Dengan DNS jaringan komputer dapat tehubung lebih dari 1000 komputer. tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah program editor dan browser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.
MACAM – MACAM KONFIGURASI JARINGAN
Secara umum kofigurasi jaringan komputer ada 3 :
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan local yang digunakan oleh suatu organisasi untuk berbagi sumber daya (resources sharing) seperti printer dan file. LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh organisasi tersebut. Teknologi LAN antara lain Ethernet, Token Ring dan FDDI. Dan ada juga yang menggunakan wifi, yang disebut dengan wireless lan.
Ciri-ciri LAN:
Ø Bekerja di area geografis yang terbatas.
Ø Dapat digunakan multi-access hingga bandwidth besar.
Ø Administrasi dilakukan melalui administrator lokal.
Ø Koneksi secara Full-Time dan langsung (Directly Connected )
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan sebuah LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. Untuk kedepannya teknologi ini akan berkembang menjadi teknologi Wimax, yang sekarang masih dalam proses pengembangan di wilayah Indonesia.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain. Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.
Ciri-ciri WAN:
Ø Bekerja di area geografis yang luas.
Ø Dapat diakses melalui Serial Interface dengan kecepatan yang rendah.
Ø Koneksi secara Full-Time dan Part-Time
MACAM-MACAM PENERAPAN  JARINGAN AKSES
  1. xDSL, digital subscriber line
xDSL adalah sekelompok teknologi yang menggunakan akses kabel logam untuk menghantarkan beberapa Mbps melalui jarak tertentu. Yang sedang naik daun adalah ADSL (asymmetric DSL) yang menghantar 6 Mbps ke satu arah (disebut arah turun) dan 640 kbps ke arah lain (arah naik). Beberapa teknologi xDSL lain akan dirinci dalam artikel lain.
  1. FTTC, fiber to the curb
Untuk rate beberapa puluh Mbps, jarak tempuh kabel tidak dapat terlalu jauh. Maka dibangun jaring serat optik hingga gardu berisi perangkat ONU (optical network unit), yang kemudian terhubung ke akses kabel logam ke rumah-rumah. Untuk kecepatan hingga 30 Mbps, akses logam menggunakan VDSL.
  1. FTTH, fiber to the house
Untuk rate yang sangat tinggi, dapat diinstal jaring serat optik yang langsung masuk ke bangunan pelanggan. ONU ditempatkan di dalam bangunan.
d. HFC, hybrid fiber-coax
Untuk CATV, jaringan gabungan serat optic dan kabel koaksial memuat data MPEG atau sinyal ATM dalam rate 20 hingga 50 Mbps, dengan skema QAM.
e.Akses Satelit
Arah turun disalurkan melalui transmisi satelit digital QPSK dalam band 10-15 GHz atau 2-6 GHz. Arah naik yang berfungsi sebagai pengontrol dilakukan melalui line telepon biasa atau line ISDN.
f. MMDS/LMDS, multichannel/local multipoint distribution point
Saluran asimetris untuk CATV. Transmisi melalui gelombang mikro. Frekuensi yang digunakan untuk MMDS kurang dari 10 GHz, sedang untuk LMDS lebih dari 10 GHz.


sumber: http://riyadi2405.wordpress.com/2010/05/12/jaringan-akses/

0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT

selamat menikmati blog saya... semoga puass.. kritik dan saran sangat membantu

Slider(Do not Edit Here!)

Navigation

terima kasih atas kunjungan

Copyright Text