Minggu, 14 Agustus 2011

bedanya vb.6 dengan vb.net

Perbedaan mendasar pada VB.NET dibandingkan VB 6 adalah .NET framework itu sendiri dan konsep OOP.

Teknologi .NET framework dengan arsitekturnya sangat berbeda dengan teknologi sebelumnya seperti pada VB 6. .NET framework memiliki compiler untuk masing-masing bahasa; Untuk VB.NET ada VB compiler, C# ada C# compiler, dan compiler bahasa lainnya. Masing-masing compiler ini akan melakukan kompilasi (compile) source code kita menjadi Intermediate Language (IL). Bahasa apapun yang kita pakai pada source code (entah itu VB.NET, atau C#, atau lainnya), akan di-compile menjadi IL.

Dengan teknologi ini, IL berperan sebagai sebuah bahasa netral yang nantinya akan dieksekusi oleh Common Language Runtime (CLR). CLR adalah sebuah Runtime yang berfungsi sebagai virtual machine seperti halnya Java Virtual Machine (JVM) pada teknologi JAVA. Jadi, logikanya, platform apapun bisa menjalankan sebuah aplikasi berbasiskan .NET dengan adanya CLR. Dan CLR melalui Just In Time (JIT) compiler nya, akan melakukan kompilasi terhadap IL menjadi native code OS.

Jika digambarkan secara sederhana, proses VB.NET source code menjadi native code sebuah OS seperti ini:

VB.NET source code --(VB compiler)--> IL --(CLR-JIT compiler)--> native code

Sementara pada VB 6 seperti ini:

VB 6 source code --(compiler)--> native code

Selain itu, masih banyak teknologi .NET lainnya yang tidak terdapat pada VB 6 seperti; Metadata, Code Access Security, Memory Management, dan lainnya. Satu lagi, karena .NET framework ini adalah sebuah framework yang bisa digunakan oleh berbagai bahasa, maka VB.NET pun bisa menggunakan semua fungsionalitas Framework Class Library dari .NET.

Dengan framework yang sekarang (versi 3.5), teknologi-teknologi baru seperti WPF, WCF, WF, LINQ, dan lainnya juga bisa diimplementasikan dengan menggunakan VB.NET.

Silahkan cari referensi nya di internet sangat banyak : )

Perbedaan yang kedua, yaitu OOP. VB 6 tidak di-desain untuk penggunaan OOP, berbeda dengan VB.NET. Oleh karena itu, mindset seorang developer VB 6 dengan procedural programming nya berbeda dengan developer VB.NET yang OOP minded. Walaupun bahasa yang digunakan pada VB dan VB.NET relatif sama, tapi konsep procedural programming dan OOP  di dalamnya sangat berbeda.

@Swike: XML bisa juga kok di VB 6 ;D Selain itu, XML kurang reliable untuk difungsikan sebagai database, lebih cocok dipakai untuk menyimpan informasi ke dalam bentuk custom markup language. Biasanya digunakan sebagai file konfigurasi atau untuk serialization. WPF menggunakan XML sebagai bahasa nya yaitu XAML yang bersifat declarative-UI.

0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT

selamat menikmati blog saya... semoga puass.. kritik dan saran sangat membantu

Slider(Do not Edit Here!)

Navigation

terima kasih atas kunjungan

Copyright Text